Selasa, 31 Maret 2015

GENERATOR




Panel ACOS

ACOS (Automatic Change Over Switch) merupakan panel pengendalian generator dan terdapat beberapa tombol yang masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda.
Tombol pengontrol operasi Gen Set automatic, antara lain yaitu :
Off, Automatic, Trial Service, Manual Service, Manual Starting, Manual Stoping, Signal Test, Horn Off, Release, Start, Start Fault, Engine Running, Supervision On, Low Oil Pressure, Temperature To High, Generator Over Load.
Sistem Pengaman Genset
Sistem pengaman harus dapat bekerja cepat dan tepat dalam mengisolir gangguan agar tidak terjadi kerusakan fatal. Proteksi pada mesin generator ada dua macam yaitu :
1) Pengaman alarm
Bertujuan memberitahukan kepada operator bahwa ada sesuatu yang tidak normal dalam operasi mesin generator dan agar operator segera bertindak.
2) Pengaman trip
Berfungsi untuk menghindarkan mesin generator dari kemungkinan kerusakan karena ada sistem yang berfungsi tidak normal maka mesin akan stop secara otomatis.
Jenis pengaman trip antara lain :
1) Putaran lebih (over speed)
2) Temperatur air pendingin tinggi
3) Tekanan minyak pelumas rendah
4) Emergency stop
5) Reverse power

Sebuah sistem daya darurat adalah generator siaga yang mungkin termasuk pencahayaan, generator listrik, sel bahan bakar, supplys daya tak terputus dan peralatan lainnya, untuk menyediakan sumber daya cadangan listrik dalam krisis atau ketika sistem reguler gagal.
Mereka menemukan menggunakan dalam berbagai macam pengaturan dari rumah hunian untuk rumah sakit, laboratorium ilmiah, pusat data, [1] telekomunikasi [2] peralatan dan kapal angkatan laut modern. Sistem tenaga darurat bisa mengandalkan generator, batere, roda gila penyimpanan energi hidrogen atau sel bahan bakar. [3] [4] Akhirnya, beberapa sistem daya darurat homebrew menggunakan baterai mobil biasa timbal-asam
Sistem tenaga darurat digunakan pada awal Perang Dunia II pada kapal-kapal angkatan laut. Dalam pertempuran, kapal mungkin kehilangan fungsi mesin uap, yang tenaga uap yang digerakkan turbin untuk generator. Dalam kasus seperti itu, satu atau lebih mesin Diesel (s) yang digunakan untuk menggerakkan generator back-up. Transfer switch awal mengandalkan operasi manual; dua switch akan ditempatkan horizontal, sejalan dan "pada" posisi saling berhadapan. batang ditempatkan di antara. Untuk mengoperasikan tombol satu sumber harus dimatikan, batang pindah ke sisi lain dan sumber lain diaktifkan.
Structure and operation in utility stations[edit]
Daya listrik bisa hilang karena jatuh garis , kerusakan pada sub - stasiun , cuaca buruk , pemadaman direncanakan atau dalam kasus yang ekstrim kegagalan grid lebar. Pada bangunan modern, sebagian besar sistem listrik darurat telah dan masih didasarkan pada generator . Biasanya , generator ini Diesel engine didorong , meskipun bangunan yang lebih kecil dapat menggunakan mesin didorong bensin generator dan yang lebih besar turbin gas . Namun, akhir-akhir ini , lebih digunakan adalah yang terbuat dari batere dan teknologi lain seperti roda gila penyimpanan energi atau bahan bakar sel . Sistem ini yang terakhir tidak menghasilkan gas-gas polutif , sehingga memungkinkan penempatan harus dilakukan di dalam gedung . Juga , sebagai Keuntungan kedua , mereka tidak memerlukan gudang terpisah yang akan dibangun untuk penyimpanan bahan bakar . [ 6 ]
Dengan generator biasa, saklar transfer otomatis digunakan untuk menghubungkan listrik darurat . Satu sisi terhubung ke kedua pakan daya normal dan pakan listrik darurat ; dan sisi lainnya dihubungkan ke beban ditunjuk sebagai darurat . Jika tidak ada listrik masuk pada sisi normal, transfer switch menggunakan solenoid untuk membuang tiang tiga , switch lemparan tunggal . Ini switch feed dari normal kekuasaan darurat . Hilangnya daya normal juga memicu baterai dioperasikan sistem pemula untuk memulai generator , mirip dengan menggunakan aki mobil untuk memulai mesin . Setelah transfer switch diaktifkan dan generator dimulai , daya darurat gedung datang kembali ( setelah pergi ketika daya normal hilang . )
Tidak seperti lampu darurat , lampu darurat bukan merupakan jenis lampu ; itu adalah pola yang normal lampu gedung yang menyediakan jalur lampu untuk memungkinkan keluar yang aman , atau menyala area layanan seperti ruang mekanik dan listrik kamar . Tanda keluar , sistem alarm kebakaran ( yang tidak di back up baterai ) dan motor listrik pompa untuk penyiram kebakaran hampir selalu daya darurat . Peralatan lain daya darurat mungkin termasuk peredam isolasi asap , penggemar evakuasi asap , lift , pintu cacat dan outlet di daerah layanan . Rumah sakit menggunakan outlet listrik darurat untuk daya sistem pendukung kehidupan dan peralatan pemantauan . Beberapa bangunan bahkan dapat menggunakan listrik darurat sebagai bagian dari operasi normal, seperti teater menggunakannya untuk peralatan listrik acara karena "show must go on . "
Operasi dalam penerbangan [sunting ]
Localizer , glideslope , dan alat bantu pendaratan instrumen lain ( seperti pemancar microwave ) keduanya konsumen daya tinggi dan mission-critical , dan tidak dapat diandalkan dioperasikan dari pasokan baterai , bahkan untuk periode singkat. Oleh karena itu , ketika kehandalan mutlak diperlukan ( seperti ketika Kategori 3 operasi yang berlaku di bandara ) itu adalah biasa untuk menjalankan sistem dari generator diesel dengan peralihan otomatis ke pasokan listrik harus generator gagal . Hal ini untuk menghindari adanya gangguan terhadap transmisi sementara generator dibawa sampai dengan kecepatan operasi .
Hal ini bertentangan dengan pandangan khas dari sistem daya darurat , di mana generator cadangan dipandang sebagai sekunder untuk pasokan listrik listrik.
Perlindungan perangkat elektronik [sunting ]
Komputer, jaringan komunikasi , dan perangkat elektronik modern lainnya membutuhkan tidak hanya kekuatan , tetapi juga aliran itu untuk terus beroperasi . Jika tegangan sumber menurun dengan tajam atau turun sepenuhnya , perangkat ini akan gagal , bahkan jika daya yang hilang hanya untuk sepersekian detik . Karena itu, bahkan generator back- up tidak memberikan perlindungan karena waktu start- up yang terlibat .
Untuk mencapai perlindungan kerugian yang lebih komprehensif , peralatan tambahan seperti pelindung lonjakan arus, inverter , atau kadang-kadang uninterruptible power supply lengkap ( UPS ) yang digunakan . Sistem UPS dapat lokal ( untuk satu perangkat atau satu outlet listrik ) atau dapat memperpanjang lebar bangunan . Sebuah UPS lokal adalah sebuah kotak kecil yang cocok di bawah meja atau rak telekomunikasi dan kekuatan sejumlah kecil perangkat . Sebuah lebar bangunan - UPS dapat mengambil salah satu dari berbagai bentuk , tergantung pada aplikasi . Ini secara langsung feed sistem outlet yang ditunjuk sebagai pakan UPS dan dapat kekuatan sejumlah besar perangkat .
Karena pertukaran telepon menggunakan DC , ruang baterai bangunan umumnya ditransfer langsung ke peralatan mengkonsumsi dan mengapung terus-menerus pada output dari rectifier yang biasanya memasok DC diperbaiki dari listrik . Ketika tenaga listrik terputus , baterai membawa beban tanpa perlu untuk beralih . Dengan sederhana ini meskipun sistem agak mahal , beberapa bursa tidak pernah kehilangan daya untuk sejenak sejak tahun 1920-an .
Struktur dan operasi di stasiun utilitas [sunting ]
Diagram of a redundant power supply system.
Diagram sistem power supply berlebihan.
In recent years, large units of a utility power station are usually designed on a unit system basis in which the required devices, including the boiler, the turbine generator unit, and its power (step up) and unit (auxiliary) transformer are solidly connected as one unit. A less common set-up consists of two units grouped together with one common station auxiliary. As each turbine generator unit has its own attached unit auxiliary transformer, it is connected to the circuit automatically. For starting the unit, the auxiliaries are supplied with power by another unit (auxiliary) transformer or station auxiliary transformer. The period of switching from the first unit transformer to the next unit is designed for automatic, instantaneous operation in times when the emergency power system needs to kick in. It is imperative that the power to unit auxiliaries not fail during a station shutdown (an occurrence known as black-outwhen all regular units temporarily fail). Instead, during shutdowns the grid is expected to remain operational. When problems occur, it is usually due to reverse power relays and frequency-operated relays on grid lines due to severe grid disturbances. Under these circumstances, the emergency station supply must kick in to avoid damage to any equipment and to prevent hazardous situations such as the release of hydrogen gas from generators to the local environment.

Dalam beberapa tahun terakhir , unit besar stasiun listrik biasanya dirancang secara sistem satuan di mana perangkat yang diperlukan , termasuk boiler , unit generator turbin , dan kekuatannya ( step up ) dan satuan ( tambahan ) transformator terhubung kokoh sebagai satu unit . Sebuah kurang umum set - up terdiri dari dua unit dikelompokkan bersama dengan satu tambahan umum stasiun . Seperti setiap unit generator turbin memiliki terpasang Unit trafo tambahan sendiri , terhubung ke sirkuit secara otomatis . Untuk memulai unit , organisasi pelengkap disediakan dengan kekuasaan oleh unit lain ( tambahan ) transformator atau stasiun transformator tambahan . Periode beralih dari unit transformator pertama ke unit berikutnya dirancang untuk otomatis, operasi seketika di saat-saat ketika sistem daya darurat perlu menendang masuk Sangat penting bahwa power unit pembantu tidak gagal selama shutdown station ( kejadian dikenal sebagai hitam - outwhen semua unit reguler sementara gagal ) . Sebaliknya , selama shutdowns grid diharapkan untuk tetap beroperasi . Ketika terjadi masalah , biasanya karena untuk membalikkan kekuatan relay dan relay frekuensi dioperasikan pada garis grid akibat gangguan jaringan yang parah . Dalam keadaan ini , pasokan stasiun darurat harus menendang untuk menghindari kerusakan peralatan apapun dan untuk mencegah situasi berbahaya seperti pelepasan gas hidrogen dari generator dengan lingkungan setempat .

AC GENERATOR
Sebuah kumparan kawat berputar dalam medan magnet menghasilkan arus. Saat ini dapat dibawa ke dua cincin slip yang terisolasi dari poros. Semak karbon beristirahat di cincin ini ketika mereka berputar dan mengumpulkan arus untuk digunakan dalam sebuah sirkuit eksternal. Saat ini dikumpulkan dengan cara ini akan bergantian, yaitu, mengubah arah dan naik dan turun nilai. Untuk meningkatkan arus diproduksi, set tambahan tiang dapat diperkenalkan.
Medan magnet disediakan oleh elektromagnet sedemikian rupa sehingga kutub yang berdekatan memiliki polaritas yang berlawanan. Ini 'lapangan gulungan', sebagaimana mereka disebut, dihubungkan secara seri dengan sumber eksternal atau output mesin.
Jika kumparan atau konduktor yang terpisah digunakan maka beberapa output dapat diperoleh. Tiga output biasanya diatur dengan pemisahan fasa 120 °, untuk menghasilkan pasokan tiga fase. Pasokan pentahapan ditunjukkan pada Gambar 14.5. Sistem tiga fase lebih efisien dalam bahwa untuk tenaga mesin yang sama output listrik yang lebih besar total diperoleh. Masing-masing dari tiga output dapat digunakan dalam pasokan fase tunggal atau dalam hubungannya untuk pasokan tiga fase. Persediaan terpisah yang terhubung baik bintang atau pembentukan delta (Gambar 14.6). Pembentukan bintang yang paling sering digunakan dan memerlukan empat cincin geser pada alternator. Tiga konduktor bergabung pada slip ring umum dan juga memiliki slip ring masing-masing. Garis tengah atau netral adalah umum untuk setiap tahap. Susunan delta memiliki dua fase bergabung di masing-masing tiga cincin geser pada alternator. Sebuah catu daya tunggal-fase dapat diambil dari dua cincin slip.
Sejauh ini, konstruksi alternator telah dianggap angker berputar dan kumparan medan stasioner. Efek pembangkit listrik yang sama dihasilkan jika terjadi sebaliknya, yaitu, kumparan medan memutar dan armature stasioner. Ini sebenarnya pengaturan diadopsi untuk besar, alternator tugas berat.
Bidang pasokan saat ini di mesin yang lebih tua berasal dari tegangan rendah langsung generator arus atau exciter pada poros yang sama seperti alternator . Mesin modern , bagaimanapun, adalah baik statis gembira atau dari jenis berkecepatan tinggi brushless . Exciter ini diperlukan untuk beroperasi untuk mengatasi pengaruh dari faktor daya untuk beban yang diberikan . Faktor daya adalah ukuran perbedaan fasa antara tegangan dan arus dan dinyatakan sebagai cosinus dari sudut fase . Dengan beban resistansi murni tegangan dan arus berada dalam fase , memberikan faktor daya satu . Oleh karena itu, daya yang dikonsumsi adalah produk dari tegangan dan arus . Beban induktif atau kapasitif , dikombinasikan dengan beban perlawanan , menghasilkan faktor daya lagging atau terkemuka yang memiliki nilai kurang dari satu . Daya yang dikonsumsi adalah produk dari arus, tegangan dan faktor daya . The generator arus bolak memasok beban memiliki drop tegangan yang dihasilkan dari beban . Ketika beban memiliki faktor daya tertinggal drop tegangan ini cukup besar . Oleh karena itu exciter , dalam menjaga tegangan alternator , harus bervariasi dengan arus beban dan juga faktor daya . Perubahan kecepatan penggerak utama juga harus diperhitungkan .
Kontrol tangan eksitasi sulit sehingga penggunaan terbuat dari regulator tegangan otomatis (AVR). AVR pada dasarnya terdiri dari sirkuit makan dari tegangan output alternator yang mendeteksi perubahan kecil dalam tegangan dan feed sinyal ke amplifier yang mengubah eksitasi untuk memperbaiki tegangan. Fitur Stabilisasi juga tergabung dalam sirkuit untuk menghindari 'perburuan' (fluktuasi tegangan konstan), atau mengoreksi. Berbagai desain dari AVR sedang digunakan yang secara garis besar dapat dibagi ke dalam kelas seperti jenis tumpukan karbon, amplifier magnet, jenis elektronik, dll.
The alternator statis bersemangat memiliki sistem eksitasi statis bukan dc exciter. Jenis alternator akan lebih siap menerima beban mendadak langsung mulai on-line besar motor sangkar tupai. Sistem eksitasi statis menggunakan transformer dan rectifier untuk menyediakan seri dan shunt komponen untuk bidang alternator, yaitu, diperparah. Brushes dan cincin slip yang digunakan untuk mentransfer arus ke kumparan medan yang dipasang pada rotor. Tegangan terminal dari alternator sehingga memberikan tegangan gersang tanpa beban arus beban menyediakan eksitasi ekstra untuk memberikan tegangan yang stabil di bawah kondisi beban apapun. Pencocokan cermat komponen menyediakan sistem yang berfungsi sebagai regulator tegangan diri. Masalah listrik tertentu praktis dan kompensasi yang diperlukan untuk variasi kecepatan mengharuskan regulator tegangan juga dibangun ke dalam sistem.
The brushless kecepatan tinggi alternator juga dikembangkan untuk menghilangkan dc exciters dengan komutator yang terkait dan gigi sikat. The alternator dan exciter rotor pada poros umum, yang juga membawa rectifier. Output exciter diumpankan ke rectifier dan kemudian melalui konduktor dalam poros berongga dengan alternator bidang kumparan. Sebuah regulator tegangan otomatis digunakan dengan jenis alternator.
Pembangunan sebuah alternator dapat dilihat pada Gambar 14.7. Rotor rumah kutub yang menyediakan arus medan, dan ini biasanya dari jenis yang menonjol atau memproyeksikan-tiang. Cincin slip dan kipas angin juga dipasang pada poros rotor, yang digerakkan oleh mesin tambahan. Stator inti mengelilingi rotor dan mendukung tiga gulungan fase terpisah. Panas yang dihasilkan dalam berbagai gulungan dan harus dihilangkan dengan pendinginan. Kipas poros drive udara di atas penukar panas air-cooled. Pemanas listrik digunakan untuk mencegah kondensasi pada gulungan ketika alternator tidak digunakan.
Selain tambahan-engine-driven alternator kapal mungkin memiliki alternator poros-driven. Dalam pengaturan ini drive diambil dari mesin utama atau poros baling-baling dan digunakan untuk memutar alternator. Berbagai kondisi operasi mesin pasti akan menghasilkan variasi kecepatan mengemudi alternator. Sebuah pompa hidrolik dan gearbox pengaturan dapat digunakan untuk memberikan kecepatan konstan drive, atau output alternator dapat diumpankan ke konverter frekuensi statis. Pada konverter frekuensi statis yang a.c. keluaran pertama diperbaiki ke dalam variabel DC tegangan dan kemudian terbalik kembali ke ac tiga fase tegangan. Sebuah sistem umpan balik dalam inverter osilator menghasilkan konstan-output ac, tegangan dan frekuensi.


       Alasan pertama yang paling penting untuk pengujian isolasi adalah untuk memastikan keselamatan publik dan pribadi . melakukan pengukuran tegangan  tinggi dc antara de -energized saat - membawa panas , membumi , dan landasan konduktor.
       Alasan Kedua yang paling penting untuk pengujian isolasi adalah untuk melindungi dan memperpanjang hidup sistem listrik dan motor . Selama bertahun-tahun , sistem listrik yang terkena lingkungan seperti kotoran , grease , suhu , stres , dan getaran . Kondisi ini dapat menyebabkan kegagalan isolasi sehingga hilangnya produksi atau bahkan kebakaran .
        


Pengendalian motor dc bertujuan untuk mengontrol mesin sedang berjalan(spedometer). bisa juga untuk membatasi kecepatan perputaran mesin. (Bhp),putaran maxsimal

A) GENERATOR 
Fungsi utama generator diatas kapal adalah untuk menyuplai kebutuhan daya
listrik di kapal. Daya listrik digunakan untuk menggerakkan motor-motor dari peralatan
 bantu pada kamar mesin dan mesin-mesin geladak, lampu penerangan, sistem
komunikasi dan navigasi, pengkondisian udara (AC) dan ventilasi, perlengkapan dapur
(galley), sistem sanitari, cold storage, alarm dan sistem kebakaran, dan sebagainya.



Dalam pendisainan sistem diatas kapal perlu diperhatikan kapasitas dari
generator dan peralatan listrik lainnya, besarnya kebutuhan maksimum dan minimum
dari peralatannya. Dimana kebutuhan maksimum merupakan kebutuhan daya rata-rata
terbesar yang terjadi pada interval waktu yang singkat selama periode kerja dari
 peralataan tersebut, demikian juga sebaliknya.
 Sedangkan kebutuhan rata-rata
merupakan daya rata-rata pada periode kerja yang dapat ditentukan dengan membagi
energi yang dipakai dengan jumlah jam periode tersebut. Kebutuhan maksimum penting
diketahui untuk menentukan kapasitas dari generator yang diperlukan. Sedangkan
kebutuhan minimum digunakan untuk menentukan konfigurasi dari electric plant yang
sesuai serta untuk menentukan kapan generator dioperasikan.


Fungsi Generator Pada Kapal
GENERATOR
Generator Adalah mesin yang mengubah tenaga mekanik menjadi tenaga listrik.

CONTOH TENAGA LISTRIK
Tenaga panas, tenaga air, motor diesel dan motor listrik.

FUNGSI TENAGA MEKANIS
Untuk mengubah kumparan kawat penghantar  dalam medan magnet di antara kumparan.

CARA MERAWAT GENERATOR DARURAT DI KAPAL

  1. Warning up generator seminggu sekali
  2.  Ganti oli carter sesuai jam kerja.
  3. Bersihkan FO dan LO filter sesuai dengan jamnya.
  4. Cock air radiator agar tetap penuh.
  5. Check timing belt.
  6. Check air bateray.
  7.  Chech tegangan vateray (charging)
  8. Arus bolak balik.

PROSES TERJADINYA TENAGA MEKANIK TENAGA  LISTRIK ADA BEBERAPA SYARAT

  1. Adany fluks yang timbuloleh dua buah kutup magnet.
  2. Adanya kawat penghantar.
  3. Adanya putaran yang menybabkan penghantar memotong fluks-fluks magnet.

FUNGSI LILITAN PENGUAT
Untuk mengalirkan arus listrik untuk terjadiny proses elektromagnetis.

Emergency Generator

FUNGSI SIKAT-SIKAT PADA GENERATOR :
  1. Untuk jembatan bagi aliran arus dari lilitan jangkar dengan beban.
  2. Tempat terjadinya komotasi (atau terbuat dari bahan arang)

KOMOTATOR 
Adalah alat yang merubah arus bolak balik dalam rotor menjadi arus listrik searah di luar rotor
  1. Berfungsi sebagai penyearah mekanik bersama sikat2 membuat suatu kerja sama yang di sebut komotasi.
  2. Di antara setiap lempeng (segmen komotator) terdapat bahan isolator.

KOMOTATOR TERDIRI DARI

  1. Komotator bar, merupakan tempat terjadinya pergesekan antara komotator dengan sikat2.
  2. Riser, bagian yang menjadi tempat hubungan komotator dengan ujungdari jalur lilitan jangkar.
  3. Lilitan jangkar, berfungsi sebagai tempat terbentuknya GGL induksi

FREKUENSI adalah banyaknya gelombang dalam satu detik.

AMPLITUDO adalah nilai makksimum gelombang.

PERIODE adlah waktu yang di tempuh untuk satu gelombang dalam satu detik.

TERANGKAN SEBAB JIKA AKI DALAM WAKTU YANG LAMA TIDAK DI PERGUNAKAN MUATAN LISTRIKNYA DAPAT BERKURANG ATAU JIKA LAMA DAPAT KOSONG.
Karena aki tidak di pergunakan lagi, maka melalui elektrolitny itu sendiri akan menjadikan aliran pengosongan dengan intensitas arus yang kecil arus ini di sebut dalalm aliran Internal Current yang mengalir melalui kotoran2 tersebut merupakan kontraminis dari elektrominisdari elektro yang murni untuk mengimbang arus tersebut.
KEUNTUNGAN AKI NIFE DI BANDING DENGAN AKI TIMAH ADALAH
Aki Nife mempunyai kekuatan jauh lebih besar di banding dengan aki Timah, karena elktrolitny menggungakan bahan yang bersifat basah maka bak nya dapat di buat dari logam begitu pula dengan kerangkanya, aki ini bagus untuk alat2 potable tahan getaran dan tidak mudah rusak karena jatuh, kerugianya adalah kapasitasnya lebih kecil di banding aki timah.
POLARISASI
Adalah penutupan terhadap elektroda2 karena adanya proses pemisahn oleh arus listrik terhadap elektrolite.
ELEMEN KERING
Adalah elemen yang elektrolite basah/cair sehingga harus di aliri listrik (recharge) agar dapat mengalirkan listrik.
EXCITER
Adalah sama dengan pembangkit listrik atau generator listrik daerah kecil yang memperkuat medan magnet generator listrik utama.
PRINSIP KERJANYA adalah jka sebuah penghantar listrik di gerakkan did lam medan magnet maka dalam kawat tersebut timbul gaya listrik (volt) penghantar listrik kawat.

TRANSFORMETER ADALAH
Susunan lempengan plat besi  lunak yang berisolasi/mempunyai  lilitan primer dan lilitan sekunder. FUNGSINYA adalah untuk mendapatkan tegangan bolak balik yang di inginkan dari tegangan bolak balik yang ada.
MOTOR LISTRIK 
Adalah suatu pesawat yang merubah daya motor listrik menjadi daya keluar mekanik.
ARUS SEARAH
Arus searah adalah arus listrik yang mempunyai frekwensi tidak mempunyai beberapa fase dengan besaran lemah dan besaran sedang.
ARUS BOLAK BALIK
Adalah listrik yang mempunyai frekwensi mempunyai beda fase dan berkekuatan tinggi.


Cara Kerja Generator Listrik

Generator listrik merupakan sebuah dinamo besar yang berfungsi sebagai pembangkit listrik. Generator listrik ini mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Generator listrik pertama kali ditemukan oleh Faraday pada tahun 1831. Pada saat itu, generator listrik dibuat dalam bentuk gulungan kawat pada besi yang berbentuk U. Generator listrik tersebut terkenal dengan nama Generator cakram faraday. Cara kerja generator listrik adalah  menggunakan induksi elektromagnet, yaitu dengan memutar suatu kumparan dalam medan magnet sehingga timbul energi induksi.
Terdapat 2 komponen utama pada generator listrik, yaitu: sator (bagian yang diam) dan rotor (bagian yang bergerak). Rotor akan berhubungan dengan poros generator listrik yang berputar pada pusat stator. Kemudian poros generator listrik tersebut biasanya diputar dengan menggunakan usaha yang berasal dari luar, seperti yang berasal dari turbin air maupun turbin uap.
Berdasarkan jenis arus listrik yang dihasilkan, generator listrik dibedakan menjadi 2 macam, yaitu generator listrik Alternator (AC) dan generator listrik dinamo (DC). Berikut ini adalah penjelasan cara kerja generator listrik tersebut:

# GENERATOR LISTRIK AC
Pada generator listri AC ini terdapat 2 buah stator. Kutub - kutub magnet yang berlawanan saling dihadapkan sehingga diantara kedua kutub magnet tersebut dihasilkan medan magnet. Di alam medan magnet tersebut terdapat kumpran yang mudah berputar pada porosnya. Karena kumparan selalu berputar, maka jumlah gaya magnet yang masuk ke dalam kumparan juga selalu berubah - ubah. Sifat dari arus listrik yang dihasilkan oleh generator listrik AC ini  berjenis bolak - balik dengan bentuk seperti gelombang; amplitudonya bergantung pada kuat medan magnet, jumlah lilitan kawat, dan luas penampang kumparan; serta frekuensi gelombangnya sama dengan frekuensi putaran kumparan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar